-->

Misbaul ulum STMIK Pringsewu

Seputar Berita Terkini

Selasa, 07 November 2017

Pemerintah Tiongkok Blokir Akes Seluler Apple Watch 3 Karena Kekhawatiran eSIM

Tak hanya meluncurkan iPhone X dan duo iPhone 8 & 8 Plus saja, pada bulan September lalu Apple juga turut meluncurkan smartwatch generasi terbaru yang bernama Apple Watch Series 3. Apple watch generasi ketiga ini membawa perubahan paling besar yang terletak pada penambahan konektivitas seluler. Fitur tersebut memungkikan pengguna untuk mengoperasikan smartwatch tanpa perlu terhubung ke iPhone di dekatnya.



Dengan tambahan konektivitas seluler, pengguna bisa melakukan panggilan teks, mengirim atau menerima pesan, dan untuk mengakses internet secara mandiri. Smartwatch tersebut mulai dijual pada tanggal 22 September secara global, termasuk Tiongkok.

 Untuk pengguna di Tiongkok sendiri sudah bisa menggunakan layanan Apple Watch Series 3, dimana pengguna yang memenuhi syarat dapat terhubung ke jaringan seluler China Unicom. Namun hanya beberapa setelah penjualan dimulai, lebih tepatnya pada tanggal 28 September, operator seluler tersebut tiba-tiba menutup konektivitas wireless ke pengguna Apple Watch Series 3.

 Seperti yang dilaporkan Gizmochina, negara Tiongkok sendiri memiliki tiga operator wireless, dimana semuanya dikontrol oleh pemerintah yang biasanya memonitor pengguna jaringan. Alasan untuk pemerintah mematikan jaringan karena pemerintah tidak bisa memonitor warganya yang menggunakan smartwatch tersebut.

 Apple Watch Series 3 sendiri menggunakan eSIM yang merupakan kartu SIM berukuran mikro. SIM tersebut tertanam di dalam perangkat, dimana pengguna bisa memilih operator mana saja yang ingin mereka gunakan. Nah, pada situasi seperti ini akan sulit bagi pemerintah untuk memonitor para pengguna.

 Sebelumnya, China Unicom telah menjelaskan di situsnya ketika menjual Apple Watch Series 3, dimana konektivitas seluler yang ditawarkan masih dalam masa percobaan. Kini percobaan yang dimaksud mungkin telah berakhir.

 Apple telah merespon dengan merilis sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa layanan seluler Apple Watch Series 3 pada China Unicom telah ditangguhkan. Selai itu, tidak ada tanda-tanda pada saat ini bahwa konektivitas seluler akan diaktifkan kembali untuk pengguna Apple Watch Series 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar